SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Senin, 08 Desember 2008

Hanya Satu Incumbent Lolos

(07 Dec 2008, 72 x , Komentar)
Seleksi Calon Anggota KPU Makassar

MAKASSAR -- Hanya satu incumbent yang berpeluang terpilih kembali menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.Dari tiga calon yang bersaing, hanya satu orang yang berhasil menembus tahapan seleksi 10 besar. Ketiga incumbent yang kembali bertarung tersebut adalah Dirgahayu Lantara, Maqbul Halim, dan Pahir Halim. Informasi yang diperoleh Fajar, Sabtu, 6 Desember malam tadi, hanya seorang di antaranya yang lolos ke tahapan seleksi berikutnya.

Dia adalah Digahayu Lantara, mantan dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dirga, sapaan Dirgahayu, masuk di KPU Makassar di pengujung keanggotaan. Dia masuk menggantikan Tenri A Palallo yang naik tingkat ke KPU Sulsel kala itu.

Mantan ketua Panwas Makassar untuk Pilgub Sulsel Novandy Imam juga disebutkan lolos 10 besar. Begitu pula dengan mantan anggota Panwas Pilkada Makassar Sakka Pati. Ada pula nama Abdul Rauf Suddin, Ahmad Namsung, dan Armin.

Empat nama calon lainnya yang berhasil menembus 10 besar adalah M Idzin Idrus, Misna M, Nurmal, dan Pantja Nurwahidin. Mereka selanjutnya akan mengikuti fit and proper test untuk menentukan lima komisioner KPU Makassar.

Lolosnya nama-nama tersebut dibenarkan Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas, malam tadi. Jayadi mengaku baru tiba dari Pinrang. Di sana, dia menggelar pertemuan dengan PPK se Kabupaten Pinrang membahas pilkada putaran kedua.

Sementara tim seleksi anggota KPU Makassar memilih bungkam. Tak satu pun anggota tim seleksi yang mau buka mulut soal nama-nama calon yang lolos 10 besar tersebut. Mereka mengaku tidak berhak mengumumkan daftar 10 calon anggota KPU Makassar tersebut.

"Kami tidak berhak mengumumkannya. Itu menjadi kewenangan KPU Provinsi Sulsel. Aturannya memang sudah seperti itu. KPU Sulsel mungkin akan mengundang ke-10 calon itu untuk mengikuti fit and proper test," kata Nasrullah, ketua tim seleksi calon anggota KPU Makassar, kemarin.

"Pada saat itulah diketahui, siapa-siapa yang lolos 10 besar," lanjutnya. Anggota tim seleksi lainnya, Prof Dr Hambali Thalib juga belum mau buka-bukaan. Guru besar Fakultas Hukum UMI tersebut hanya memberikan latarbelakang calon yang masuk 10 besar. Dia tidak mau menyebut satu pun nama calon.

Hambali mengatakan, calon yang lolos ke tahap berikutnya mewakili beberapa kalangan. Ada perempuan, ada akademisi, dan ada profesional. Hambali juga memastikan ada seorang calon yang berlatarbelakang jurnalis.

Satu calon anggota KPU perempuan yang lolos dipastikan adalah Sakka Pati, mantan anggota Panwas Pilkada Makassar. Hambali tidak menyebut nama Sakka. Namun, dia memberi isyarat bahwa yang bersangkutan sangat layak, bukan hanya karena dia perempuan.

Rapat pleno penentuan calon anggota KPU Makassar yang lolos 10 Besar kemarin berlangsung alot. Beberapa nama calon terpaksa harus diputuskan melalui voting karena masing-masing anggota tim seleksi mempertahankan "jagoan" mereka. (sap)

10 Calon Anggota KPU Makassar
1. Dirgahayu Lantara
2. Abdul Rauf Suddin
3. Ahmad Namsung
4. Armin
5. M Idzin Idrus
6. Misna M
7. Novandy Imam
8. Nurmal
9. Pantja Nurwahidin
10. Sakka Pati

Sumber: Harian FAJAR Edisi 7 Desember 2009
http://cetak.fajar.co.id/news.php?newsid=81261
Akses tanggal 8 Desember 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim