SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Selasa, 08 Juli 2008

Tiga Calon Walikota Mendaftar di KPU

Senin, 07-07-2008

MENDAFTAR-Pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Abdul Halim Razak dan Jafar Sodding seusai mendaftar di KPU Kota Makassar, Minggu (6/7).

MAKASSAR, BKM -- Hari pertama pendaftaran, tiga paket calon Walikota dan calon Wakil Walikota Makassar mendaftar ke KPU Kota Makasar, Minggu (6/7). Namun, dari tiga paket tersebut, hanya dukungan pasangan Abdul Halim Razak-Jafar Sodding yang memenuhi syarat.

Dua paket yang lain yang melalui jalur perseorangan, Ilham Alim Bachri-Herman Handoko (Irama) dan Iriantosyah Kasim-Razak Djalle (Ikrar), dukungan KTP belum memenuhi syarat.

Berdasarkan hasil verifikasi yang diserahkan 14 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dukungan Irama yang sah hanya 33.468 dari 44.304 dukungan yang dimasukkan ke KPU beberapa waktu lalu. Sementara syarat minimal dukungan untuk bisa lolos adalah 39.306 dukungan KTP.

Sementara pasangan Ikrar dukungan yang sah hanya 33.730. Namun, saat pendaftaran, kemarin Ikrar kembali menambah 22.683 dukungan KTP untuk diverifikasi ulang oleh KPU.
Hari pertama pendaftaran, kemarin, yang pertama mendaftar adalah pasangan Irama. Ilham dan Herman datang ke KPU Kota Makasar di Jl Anggrek, Toddopuli pukul 12.30 Wita.

Saat mendaftar terjadi silang pendapat soal data dukungan hasil verifikasi dukungan yang telah dilakukan PPK. Data yang dilansir KPU Makassar, jumlah dukungan Ilham-Herman hasil verifikasi PPK sebesar 33.468 dari 44.304 total dukungan yang dimasukkan. Data itu dikomplain kubu Ilham-Herman.

Alasannya, hasil perhitungan yang mereka lakukan jumlah dukungan yang lolos verifikasi sebanyak 35 ribuan lebih. Mereka mengklaim kalau ada sekitar 2 ribu dukungannya di Kecamatan Wajo yang tak diverifikasi. Lantaran beda pendapat tersebut, akhirnya KPU menunda sementara pendaftaran Ilham-Herman sambil menunggu pencocokan data hasil verifikasi.

Beberapa saat setelah pasangan Irama mendaftar, giliran pasangan Halim Razak-Jafar Sodding yang mendatangi KPU. Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama PNI, Partai Mendeka, PSI, PNI Marhein dan PNBK ini tiba di kantor KPU pukul 13.30 Wita.

Halim-Jafar yang mengenakan baju koko berwarna putih di kawal sekitar 150 orang kader PKS.

Di ruang pendaftaran, Halim-Jafar disambut Ketua KPU Makassar Zulkifli Gani Ottoh, Ketua Pokja Pendaftaran Calon Walikota Pahir Halim serta Ketua Pokja Verifikasi Calon Perseorangan Maqbul Halim dan 14 Ketua PPK dari semua Kecamatan di Makassar.
Setelah menyerahkan berkas syarat formal dan subjektif, Halim-Jafar pun dinyatakan resmi sebagai pendaftar.

Para simpatisan pasangan Halim-Jafar memenuhi pelataran kantor KPU sambil meneriakkan yel-yel perjuangan dan orasi politik mendukung penuh duet pasangan pengusaha dan politisi tersebut.

Jafar Sodding usai pendaftaran mengatakan pilihan PKS berkoalisi dengan PNI, Partai Mendeka, PSI, PNI Marhein dan PNBK untuk memilih Halim sebagai 01 bukanlah dadakan, melainkan bagian dari strategi untuk memenangkan Pilwali Makassar. Jafar mengaku optimis, akan memenangkan perhelatan politik Makassar yang akan digelar 29 Oktober 2008 mendatang.

''Jika terpilih saya dan Jafar akan mencetuskan program pendidikan murah dan bermutu di Makassar,'' kata Halim

Sementara itu, pasangan Iriantosyah Kasim-Razak Djalle pada Minggu kemarin adalah calon yang mendaftar paling terakhir. Sekitar pukul 16.45 Wita, pasangan calon ini tiba di KPU Makassar.

Pahir Halim selaku Ketua Pokja Pendaftaran Calon perseorangan mengatakan, dari hasil verifikasi pasangan Ikrar memperoleh dukungan sebanyak 33.730 , atau ada kekurangan dukungan sebanyak 5.576. Ternyata, data yang dimiliki pasangan Ikrar sesuai dengan hasil verifikasi PPK. Untuk memenuhi kouta dukungan sebanyak 39.306 dukungan, pasangan Ikrar kembali memasukkan 22.683 dukungan ke KPU Makassar untuk diverifikasi.

''Insya Allah, kami akan lolos verifikasi,'' kata Anto sapaan akrab Iriantosyah Kasim kepada BKM.

Sekadar diketahui, hasil verifikasi calon perseorangan untuk 14 Kecamatan, pasangan Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (PASMI) paling banyak memperoleh dukungan yakni 34.640 ribu. Disusul pasangan Irama sebanyak 33.946, kemudian pasangan Ikrar sebanyak 33.730 ribu dukungan dan terakhir pasangan Makassar sebanyak 13.619 dukungan.

Ketua KPU Makassar Zulkifli Gani Ottoh mengatakan ada tenggang waktu satu pekan untuk para kandidat calon perseorangan untuk melakukan perbaikan dukungan. Karena verifikasi hanya dilakukan sekali, Zulkifli mengatakan verifikasi akan dilakukan terbuka dan para tim balon diperkenankan untuk mendampingi tim PPK.

Ditempat terpisah, calon wakil perseorangan Kasma F Amin mengatakan, baru akan melakukan pendaftaran pada Kamis pekan ini. Untuk memenuhi dukungan, tim Pasmi akan mengajukan paling sedikit 10 ribu dukungan tambahan.

''Di Posko kami sekarang sangat banyak masyarakat yang datang memasukkan dukungan untuk kami,'' kata pasangan Firmansyah Mappaswang ini.

Sebelumnya, dua kandidat kuat, Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) dan Idris Manggabarani-Adil Patu (Idial) akan mendaftar pada hari berbeda. Idial akan mendaftar pada 10 Juli sedangkan IASmo 11 Juli. (cm1/maf)

Sumber: Harian BERITA KOTA MAKASSAR Edisi 7 Juli 2008
http://www.beritakotamakassar.com/view.php?id=16262&jenis=Headline
Tanggal Akses: 8 Juli 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim