SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Jumat, 11 Juli 2008

KPU Rampungkan Verifikasi Dukungan dari 14 Kecamatan

Selasa, 11 Juli 2008
Press Release

KPU Kota Makassar – Komisi Pemilihan Umum kota Makassar telah merampungkan verifikasi dukungan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar dari jalur perseorangan. Itu setelah PPK Mariso menyerahkan hasil verifikasinya, jum’at pagi (11/7). Sebelumnya, Kamis kemarin, PPK 13 kecamatan telah terlebih dahulu menyerahkan hasil verifikasinya ke KPU Makassar. Menurut rencana, Pleno penetapan hasil verifikasi faktual dan administratif ini akan dilakukan hari ini.

”Verifikasi administratif dukungan bakal calon perseorangan telah rampung di semua kecamatan, yang terakhir memasukan hasilnya PPK Mariso tadi pagi,” ujar Kepala Sub Bagian Teknis KPU Kota Makassar, Drs. M. Yusuf Pani, M.Si, Jum’at (11/7).

Sesuai hasil verifikasi, tiga bakal calon dinyatakan lolos syarat minimal dukungan tiga persen atau sebesar 39.306. Ketiga pasangan bakal calon itu adalah Ir. H. Iriantosyah Kasim DM., M.Si. – Abdul Razak Djalle, H. M. Ilham Alim Bachri - Herman Handoko, dan Frimansyah Mappasawang – Kasma F. Amin. ”Penetapan hasil verifikasi dijadwalkan hari ini melalui rapat pleno KPU,” ujar Yusuf.

Dari hasil verifikasi di 14 kecamatan, pasangan Iriantosyah-Razak mengantongi dukungan sah atau memenuhi syarat sebanyak 52.774 dari total 64.895 dukungan yang diserahkan pasangan ini. Dukungan yang dinyatakan batal atau tidak memenuhi syarat hanya 12.121. Dengan demikian, Iriantosyah-Razak lolos syarat minimal, bahkan memiliki kelebihan dukungan sebanyak 13.468.

Bakal calon lain, Ilham Alim Bachri - Herman Handoko juga lolos syarat minimal setelah mengantongi dukungan sah sebanyak 40.929 atau memiliki kelebihan sebesar 1.632. Jumlah dukungan yang diserahkan Ilham-Handoko sebanyak 49.400 dan 8.471 diantaranya tidak memenuhi syarat atau batal. Ilham – Handoko bahkan telah mendaftar ke KPU Jum’at siang.

Pasangan Firmansyah Mappasawang - Kasma F. Amin memiliki kelebihan dukungan sebesar 4.955. Dari 54.301 dukungan yang diserahkan pasangan ini, 44.261 memenuhi syarat dan hanya 10.040 yang batal atau tidak memenuhi syarat.

Sedangkan pasangan Muhammad Akbar Amir dan Syarifuddin Daeng Punna yang juga mendaftar sebagai pasangan bakal calon perseorangan, kandas setelah tidak memenuhi syarat minimal dukungan tiga persen. Akbar-Syarifuddin tidak menggunakan kesempatan yang diberikan KPU untuk perbaikan dukungan. Dengan demikian, jumlah dukungan pasangan ini sama dengan hasil verifikasi tahap awal, yaitu hanya 13.619 yang memenuhi syarat dari dari total dukungan yang diserahkan sebanyak 19.761, atau batal sebesar 6.142. Dengan demikian Akbar-Syarif memiliki kekurangan dukungan sebanyak 25.687.

Dengan kekurangan itu dan juga berakhirnya masa perbaikan dukungan, Akbar – Syarif dipastikan urung mendaftar sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar.[]

Media Center
KPU Kota Makassar

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim