SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Rabu, 18 Juni 2008

Verifikasi Partai RepublikaN SulSel di Sinjai

Written by imran, on 16-06-2008 01:55
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan melakukan verifikasi faktual terhadap 28 partai politik baru, Verifikasi faktual merupakan tindak lanjut dari verifikasi administrasi yang telah dilakukan KPU pusat beberapa waktu lalu. Verifikasi ini diarahkan pada keberadaan kantor atau sekretariat dan kepengurusan, terutama menyangkut unsur ketua, sekretaris, bendahara dan komponen kepengurusan lainnya.

Verifikasi berlangsung dua hari dan berakhir hingga Jumat (13/6) lalu.
Ke-28 partai ini merupakan partai yang dinyatakan lolos secara administrasi oleh KPU pusat. Jika verifikasi faktual ini berhasil, maka mereka dinyatakan berhak mengikuti Pemilu 2009 termasuk Partai Republika Nusantara (RepublikaN).

Partai RepublikaN sendiri baru di verifikasi kemarin malam yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, dikarenakan ketua Dewan Presidium Daerah (DPD) Partai RepublikaN tersebut adalah Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa, yang tidak memungkinkan untuk hadir di Makassar karena saat ini di Sinjai masih berlangsung tahapan Pilkada.

Ketua KPU SulSel, Dr Jayadi Nas saat memberikan keterangan pers di ruang kerja Bupati Sinjai mengatakan, pihaknya datang ke sinjai ini untuk melakukan Verifikasi terhadap Partai Republika Nusantara (Partai RepublikaN) yang kebetulan ketuanya adalah Andi Rudiyanto Asapa yang juga merupakan Bupati Sinjai, dimana sesuai dengan ketentuan UU hal yang paling utama dari sebuah partai politik adalah adanya unsur Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Jayadi Nas menambahkan bahwa KPU SulSel tidak menutup ruang kepada Parpol untuk bisa lolos dalam Pemilu 2009 mendatang, sehingga pihaknya mencoba untuk melakukan tahap Verifikasi dengan baik termasuk kepada Partai RepublikaN ini, dan setelah diperiksa dan diteliti memang benar bahwa Partai RepublikaN di Sulawesi Selatan itu dipimpin oleh Andi Rudiyanto Asapa"Makanya KPU menyatakan kalau partai ini telah berhasil lolos Verifikasi pemilu 2009 tingkat propinsi Sulawesi Selatan," ujar Jayadi Nas.

Namun kendati partai-partai ini dinyatakan lolos dalam verifikasi faktual di tingkat provinsi, menurut Ketua Pokja Verifikasi Faktual KPU SulSel Ziaurrahman, untuk memastikan apakah mereka bisa menjadi peserta Pemilu 2009, masih harus menunggu hasil verifikasi di tingkat kabupaten/kota yang akan dilakukan pada 22 Juni 2008.

Sementara [ada pemilu 2009 mendatang Partai RepublikaN baka menargetkan 1 Fraksi di DPRD Propinsi dan Kabupaten. Partai Republika Nusantara atau yang disebut Partai RepublikaN yang baru saja di verifikasi oleh KPU SulSel menyatakan siap untuk mengikuti pemilu 2009 dan bersiap untuk merebut kursi di DPR Pusat, DPRD SulSel dan DPRD Sinjai. Hal tersebut di katakana Ketua Dewan Presidium Daerah (DPD) Partai RepublikaN Propinsi Sulawesi Selatan, yang juga Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa disela-sela jumpa pers yang dilakukan KPU Sulsel di ruang kerja Bupati Sinjai.

Menurut Andi Rudiyanto Asapa, kehadiran Partai RepublikaN ini akan memberikan suasana baru dalam proses demokrasi di Indonenesia, khususnya di Sulsel dan Sinjai, dimana menurut Andi Rudiyanto, dirinya selaku Ketua DPD Partai RepublikaN SulSel, akan berjuang untuk bisa merebut 1 fraksi kursi di DPRD, baik itu di tingkat propinsi maupun di Kabupaten Sinjai sendiri.

Ditanya mengenai verifikasi yang dilakukan KPU di Sinjai, menurut Rudiyanto hal itu dilakukan karena kebetulan dirinya selaku ketua DPD saat ini tidak bisa meninggalkan Sinjai karena terkait dengan proses Pilkada yang sementara berlangsung. Dan sebagai BUpati tentunya harus selalu berada di Sinjai untuk menjaga stabilitas dan ketentraman masyarakat."Saya bersama Ketua KPU SulSel sepakat untuk bertemu di Sinjai dan partai yang dipimpinnya di verifikasi di Sinjai," katanya.

Sekedar di ketahui bahwa saat ini Partai RepublikaN sudah terbentuk di semua kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, dan yang menarik adalah 17 Ketua dan Pengurus DPC Kabupaten / Kota adalah mantan pengurus PDI Perjuangan yang keluar dari PDIP dan bergabung dengan Andi Rudiyanto Asapa di Partai RepublikaN ini. (ime)

Sumber: Situs Resmi Pemerintah Kabupaten SINJAI
http://www.sinjai.go.id/baru/index.php?option=com_content&task=view&id=1145
Akses Tanggal: 18 Juni 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim