SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Sabtu, 21 Juni 2008

Verifikasi KTA Hanya Dua Hari

(21 Jun 2008, 8 x , Komentar)
PDP Tunggu Kedatangan PPK

MAKASSAR -- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Legislatif 2009 Kota Makassar yang baru dilantik kemarin sudah diadang sederet tugas berat. Paling mendesak adalah verifikasi faktual KTA Parpol.Ketua KPU Makassar Zulkifli Gani Ottoh, usai melantik PPK se Kota Makassar untuk Pemilu Legislatif 2009, kemarin, menyatakan pelantikan PPK dilakukan KPU Makassar walaupun anggaran Pemilu 2009 belum kucur.

"Ini kami lakukan agar persiapan Pemilu 2009 lebih matang, dengan tidak ada tahapan yang terlewatkan. Sehingga kita bisa menghasilkan Pemilu yang berkualitas," jelasnya.

Apalagi kata Zulkifli, KPU Kota Makassar sedang melakukan persiapan dua Pemilu, yakni Pemilu Walikota Makassar dan Pemilu Legislatif 2009. "Kalau kita harus menunggu sesuai arahan KPU Pusat, maka banyak pekerjaan yang akan menumpuk," katanya.

Zulkifli menyebutkan tugas-tugas KPU yang mendesak adalah verifikasi faktual kartu tanda anggota (KTA) Parpol yang waktunya sangat terbatas. Selain itu, PPK yang sebelumnya dilantik untuk Pemilu Walikota Makassar juga sedang sibuk melakukan verifikasi KTP dan surat dukungan calon perseorangan, serta pemutakhiran data Pemilu Walikota Makassar.

"Tugas-tugas ini harus diselesaikan sesuai tahapan yang sudah ada. Karena itu, kami mengambil inisiatif untuk melantik PPK Kota Makassar agar bisa bekerja maksimal," urai Zulkifli.

Selain itu, PPK ini juga sudah harus bersiap-siap melakukan pemutakhiran data Pemilu 2009. "Semua ini harus dilakukan dengan persiapan yang matang, agar hasilnya jauh lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya," tandasnya.

Zulkifli juga meminta agar Walikota Makassar menginstruksikan camatnya agar memperhatikan fasilitas di Sekretariat PPK. Karena menurut dia, ada Sekretariat PPK yang tidak mendukung anggota PPK untuk bekerja dengan baik.

Sementara Anggota KPU Makassar Pahir Halim, menyatakan tugas KPU dan PPK yang sangat mendesak adalah verifikasi faktual KTA Parpol. "Kita hanya punya waktu dua hari kalau besok kita mulai bekerja. Karena Minggu, 22 Juni data hasil verifikasi sudah harus ada di KPU Sulsel untuk dikirim ke KPU Pusat," jelasnya.

Anggota KPU Lainnya, Maqbul Halim menyatakan bahwa pemutakhiran DP4 juga sudah harus dipersiapkan. Ini butuh waktu agar semua warga bisa mendapatkan hak pilihnya.

Kesiapan PDP
Sementara itu Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) Makassar menyatakan kesiapannya untuk menghadiri verifikasi keanggotaan dari PPK. Jumat kemarin, pimpinan PDP dari 14 kecamatan melakukan pertemuan membahas rencana verifikasi KTA hari ini.

"Insya Allah kami siap dan menunggu kedatangan PPK untuk melakukan verifikasi KTA," jelas Sirwan Sonda, Ketua PDP Kecamatan Rappocini. (upi)

Sumber: Harian FAJAR Edisi 21 Jun 2008
http://cetak.fajar.co.id/news.php?newsid=68390
Tanggal 21 Juni 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim