SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Rabu, 21 Mei 2008

KPU MASIH TERTUTUP

Fajar, Rabu 21 Mei 2008
Tak Ingin Umumkan Lima besar, Sabtu Dilantik.

Jakarta--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah menetapkan lima anggota KPUD Sulsel. Penetapan tersebut, bersamaan dengan KPUD Provinsi se Indonesia. Hanya saja, nama-nama anggota KPUD terpilih, masih dirahasiakan KPU Pusat. KPU beralasan, belum dipublikasikannya nama anggota KPUD terpilih karena masih menunggu surat keputusan (SK) yang sedang dalam tahapan proses.

Selain itu, ditakutkan terjadi guncangan bagi mereka yang tidak lolos, sehingga pengumuman baru dilakukan sehari atau paling cepat dua hari menjelang pelantikan anggota KPUD terpilih. Pelantikan sendiri dijadwalkan, Sabtu 24 Mei mendatang.
Anggota KPU Pusat, I Gusti Putu Artha yang dikonfirmasi malam tadi, membenarkan sudah ditetapkannya anggota KPUD Provinsi. “Bukan hanya Sulsel, tapi se-Indonesia,“ katanya.

I Gusti menambahkan, hasil penetapan anggota KPUD Provinsi terpilih baru akan disampaikan sehari atau dua hari menjelang pelantikan yang dijadwalkan, sabtu mendatang. “Semua anggota KPU sudah sepakat tidak membocorkan nama anggota terpilih sebelum pengumuman resmi. Ya, tunggu saja,“ katanya.

KPU tidak membocorkan nama-nama itu, sambung dia, karena SK masih dalam proses. “Ditakutkan ada kesalahan nama, sehingga tidak akan dipublikasikan sebelum SK rampung,“ katanya.

Anggota KPU Pusat lainnya, Endang Sulastri ketika dihubungi malam tadi, juga tidak mau menyebutkan nama menyebutkan anggota KPUD Provinsi terpilih. Meski dia mengaku pada Senin lalu, rapat pleno KPU telah menetapkan semua anggota KPUD Provinsi.
Sedangkan anggota KPU Koorwil Sulawesi Andi Nurpati yang dihubungi beberapa kali, tidak mengangkat teleponnya. Sebelumnya, Nurpati mengatakan, pengumuman KPU Provinsi nantinya dilakukan bersamaan.

Sepuluh calon anggota KPUD SulSel yang lolos ke seleksi akhir, fit and proper test yakni, Waspada Santing (profesinal), DR. Abdurrahman SH, MH (akademisi), Dra. Hasnawati Latif (LSM), Dr. Jayadi Nas (akademisi Unhas), Drs. Lomba Sultan, Ma.Ag (akademisi, Dekan Syariah UIN), Maqbul Halim (anggota KPUD Makassar), Nusrah Azis (KPUD Selayar), Pahir Halim (KPU Makassar), Syamsir, S.Sos, M.Si (akademisi), dan Ziaurrahman Mustari (KPUD Takalar).

Dari sepuluh calon tersebut, belum ada penjelasan KPU Pusat, mengenai lima nama yang ditetapkan menjadi anggota KPUD Sulsel, periode mendatang. (ars)

Sumber: Harian Fajar Edisi 21 Mei 2001

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim