SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Minggu, 27 Januari 2008

Anggaran Pemutakhiran Data Pemilih Rp1,2 Miliar

(25 Jan 2008, 41 x , Komentar)

MAKASSSAR--Pemerintah Kota Makassar menganggarkan Rp1,2 miliar lebih untuk pemutakhiran data pemilih. Data ini akan digunakan untuk pilkada Makassar, November mendatang.Walikota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin mengatakan hal itu saat membuka Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Pendaftaran Penduduk di Hotel Clarion Makassar, Kamis, 24 Januari. Sosialisasi diikuti camat, lurah, Ketua RW, dan Ketua RT se-Kota Makassar.


"Anggaran itu sudah termasuk pembuatan selebaran, spanduk, banner, baliho untuk sosialisasi serta stimulasi buat RT yang dilibatkan dalam pendataan penduduk dan pemilih," ujar Ilham.

Ilham menegaskan penyebab utama rendahnya partisipasi pemilih pada Pilgub Gubernur di Makassar, lebih pada persoalan kurang akuratnya pendataan pemilih mulai dari tingkat dinas hingga tingkat RW.

"Makanya kami mengundang para camat, lurah, RW pada sosialisasi ini untuk turut menyosialisasikan dan mengajak masing-masing RT untuk berperan pro aktif melakukan pendataan pemilih," urainya.

Sosialisasi pendataan pemilih dan penduduk dimulai kemarin, sedangkan pemutakhiran data dimulai 5 Februari 2008. Sementara DP4-nya diperkirakan akan selesai pada April dan Pemkot akan menyerahkan ke KPU.

Kepala Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, M Sinaga optimistis pihaknya bisa menyelesaikan pemuktakhiran data pemilih dan penduduk sesuai waktu yang ditetapkan.

Sinaga mengimbau masyarakat mengisi dengan benar dan akurat mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, nama ibu dan bapak kandung harus jelas.

Sementara itu Anggota KPU Makassar, Maqbul Halim yang menghadiri sosialisasi ini mengungkapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Makassar pada Pilgub kemarin mencapai 927.355. Namun, ia tak ingin buru-buru mengatakan bahwa jumlah DPT Makassar akan bertambah. (m01)
Sumber: http://www.fajar.co.id/news.php?newsid=52988
Last Access: 31 January 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim