SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Senin, 12 November 2007

Minus Bone-Gowa, Syahrul Unggul

Hasil Pleno Rekap Final Suara 21 KPU Kabupaten/Kota; Mendekati Hasil Quick Count PT LSI; Bone, Gowa, Takalar, dan Pangkep Gelar Pleno Hari Ini; Proses Rekap Berlangsun Lancar dan Aman

Makassar, Tribun - Sebanyak 21 dari 23 komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten/kota sudah merampungkan data final rekapitulsi penghitungan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung, Sabtu (10/11).


Hasil sementara hingga pukul 23.30 wita tadi malam menunjukkan, pasangan nomor urut tiga, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), unggul dengan perolehan suara sekitar 40,46 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut satu, Amin Syam-Mansyur Ramly, mengantongi sekitar 37,29 persen suara dan pasangan Abd Aziz Qahhar Mudzakkar-Mubyl Handaling mendapat 22,24 persen suara.

Namun hasil tersebut belum menghimpun suara dari dua kabupaten basis masing-masing kandidat, Bone dan Gowa. Bone dikenal sebagai basis suara Amin dan Gowa lumbung suara Syahrul.

Perolehan suara sementara ini berbeda tipis dengan hasil quick count (penghitungan cepat) PT Lingakaran Survei Indonesia (PT LSI) yang dilansir empat jam setelah pencoblosan berakhir, 5 November lalu.

Data quick count PT LSI menunjukkan, Sayang menang 40,70 persen, Asmara mendapat 37,15 persen, dan Aziz- Mubyl mengantongi 22,4 persen suara,.

Total Suara
Hingga tengah malam tadi, total suara yang sudah terhitung sekitar 3,46 juta. Data tersebut adalah hasil pleno KPU kabupaten/kota sedangkan data dari Bone peroleh langsung dari hasil rekap 21 kecamatan.

Hingga tadi malam masih ada enam PPK di Bone yang belum melansir datanya yakni Barebbo, Amali, Ulaweng, Dua Boccoe, Patimpeng, dan Ajangale.

Di Bone, jumlah daftar pemilih tetap (DTP) sebanyak 459.949. Dari hasil sementara, tingkat partisipasi pemilih di kabupaten ini sebesar 52,21 persen. Asmara unggul di Bone dengan hasil sementara dengan perolehan 171.054 suara, disusul Aziz-Mubyl dengan 38.250 suara, dan Sayang dengan 30.835 suara.

Sementara data suara di Gowa diperoleh dari tim sukses Sayang yang menyebutkan pasangan ini mendapat 240.778 suara mengalahkan Asmara yang mendapay 26.667 suara dan Aziz-Mubyl sebanyak 25.850 suara. Tingkat partisipasi pemilih dari 400.586 pemegang hak suara sekitar 73,22 persen.

Dari hasil sementara versi rekap PPK dan KPU kabupaten/kota, Asmara unggul di 11 daerah yakni Parepare, Soppeng, Lutim, Sidrap, Maros, Enrekang, Pinrang, Bone, Sinjai, Jeneponto, dan Wajo.

Pasangan Sayang unggul 10 daerah yakni Bulukumba, Makassar, Barru, Gowa, Selayar, Pangkep, Takalar, Lutra, Toraja, dan Bantaeng. Sedangkan pasangan Aziz-Mubyl mampu menjadi jawara di dua daerah, Palopo dan Luwu.

Berbeda
Sementara itu, perbedaan data PT LSI dengan hasil KPU kabupaten/kota juga kembali mengemuka. Bila sebelumnya data quick count PT LSI memenangkan Sayang di Palopo namun versi rekap PPK mememangkan Aziz-Mubyl maka quick count PT LSI juga memenangkan Asmara di Barru juga berbede dengan versi rekap PPK karena pemenangnya adalah Sayang. Quick count PT LSI memenangkan Sayang di Jeneponto, namun versi rekap PPK pemenangnya Asmara

Selisih suara PT LSI vs rekap PPK melebihi angka yang ditoleransi lima persen, misalnya di Enrekang terdapat selisih 7,1 persen untuk suara Asmara, Barru 9,21 untuk suara Sayang, Lutim 10,98 untuk Sayang, Palopo 6,44 untuk Sayang, dan Parepare 5,53 untuk Sayang.
Sedangkan analisis perbandingan di Gowa dan Bone belum bisa dibandingkan karena belum menjadi data rekap final di KPU setempat.

Lancar
Rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota berlangsung lancar dan aman. Aparat keamanan yang ditugaskan tidak terlalu bekerja keras.

KPU Parepare dan Pinrang, misalnya, merampungkan proses rekapitulasi tak lebih dari satu jam. Saksi tiga pasang kandidat juga tidak melakukan protes atau interupsi selama rekapitulasi berlangsung.

"Alhamdulillah, semuanya bisa selesai dengan baik. Kami hanya melaksanakan pleno sekitar 40 menit. Tidak ada yang menyela, jadi semua tepat waktu," kata Ketua KPU Parepare Yasser Latief.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Pinrang Abd Djabbar. Proses rekap di daerah tambak ini juga tidak mendapatkan hambatan.

"Saya bersyukur karena semuanya bisa tuntas. Ini menunukkan masyarakat kita sudah sadar berdemokrasi dan selalu ingin damai," katanya.

Di KPU Makassar, Jl Toddopuli, suasana pleno dan rekap berlangsung cukup ramai. Tim sukses dan saksi dari masing-masing kandidat juga menerima hasil rekap tersebut. Usai pleno, aparat kepolisian yang menggunakan dua mobil truk yang dikawal mobi patroli membawa kotak suara dan hasil rekap ke KPU provinsi di Jl AP Pettarani.

Anggota KPU Makassar Maqbul Halim dan Pahir Halim mengaku lega karena pihaknya mampu menyelesaikan proses rekap sesuai jadwal yang ada. Di Makassar, Sayang menang di 12 dari 14 PPK. Sedangkan Asmara dan Aziz-Mubyl berbagi kemenangan di masing-masing satu PPK.
Anggota KPU Sulsel M Darwis mengatkan, pihaknya tinggal menunggu laporan rekap final dari 23 kabupaten/kota untuk selanjutnya direkap kembali di provinsi.

"Sesuai jadwal, besok (hari ini) semua KPU kabupaten/kota bisa menyelesaikan proses rekapnya. Jadi kita tinggal melanjutkan mulai tanggal 12 November," katanya.

KPU Sulsel diagendakan menggelar rapat pleno hasil akhir yang akan dilanjutkan dengan penetapan pasangan kepala daerah terpilih, 16 November mendatang.

Sumber: http://www.tribun-timur.com/view.php?id=53700&jenis=Front (14/11/2007)

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim