SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Minggu, 04 November 2007

Kartu Pemilih Mulai Disebar

Jumat, 02-11-2007

Hari Ini, Finalisasi Perubahan DPT

Makassar, Tribun -- Finalisasi perbaikan data pemilh dalam daftar pemilih tetap (DPT) akan dilakukan, Jumat (2/11) hari ini. Lewat dari itu, KPU tidak lagi melakukan perbaikan lagi. Demikian diungkapkan Ketua KPU Sulsel saat dihubungi, kemarin petang.


enurut Mappinawang, jika perubahan tersebut terus dilakukan tanpa ada pembatasan, itu akan menyulitkan proses distribusi logistik pilkada. "Jadi besok, kita akan bekerja keras untuk menyelesaikan semuanya hingga pukul 24.00. Lewat dari situ kita tidak akan melakukan perubahan lagi," katanya.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang belum mendapatkan kartu pemilih dan undangan, sebaiknya segera menghubungi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berada di lingkungan tempat tinggalnya. Selanjutnya KPPS tersebut akan melakukan pengecekan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Sejak 31 Oktober kemarin, KPPS di sejumlah kota Makassar mulai menerima kartu pemilih dan undangan pemilih. "Tadi petugas sudah bawa empat kartu dan undangan ke rumah, tapi kartunya masih kurang dua," kata Nyonya Tuti Sanger, pemilih di TPS 04/ Jl Pongtiku, Kelurahan Malimongan Baru, Bontoala. Nur Pratria Rahmadhani, warga Kompleks BTN Makkio Baji, Antang, Kecamatan Manggala, Makassar juga sudah menerima kartu pemilih dan undangan.

Anggota KPU Makassar, Maqbul Halim kepada tribun, kemarin mengkonfirmasikan mulai disebarnya kartu pemilih dan undangan ke warga-warga di kecamatan tertentu. Maqbul optimis petugas KPPS akan menjalankan tugasnya, untuk DPT.
Bisa dipastikan, jika nama seseorang tidak tercatat di DPT, maka yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya di hari-H pemilihan.
Mappinawang menegaskan, tidak ada lagi kesempatan untuk mengecek Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pilkada (DP4). "Jadi, kita tidak lagi kembali ke belakang dengan melihat DP4. Yang kita perbaiki hanya DPT," tegasnya.

Sementara itu, kemarin, KPU Sulsel kembali menggelar rapat evaluasi terkait permasalahan yang dihadapi. Rencananya, sekaligus akan memutuskan jumlah DPT terakhir, namun setelah dipertimbangkan, masih diberi waktu hingga hari ini untuk memfinalisasi perubahan tersebut.
Sebelumnya, DPT yang dilansir KPU sebanyak 5.282.448 orang. Ini merupakan perubahan dari DPT sebelumnya sebanyak 5.270.140 orang. Sehingga ada selisih sebesar 12.308 pemilih.

Akhir Pekan Tidak Berpengaruh
KETUA KPU Sulsel Mappinawang juga menampik kalau liburan akhir pekan akan mempengaruhi perubahan data pemilih. "Saat ini tidak ada lagi hubungan dengan instansi pemerintah, seperti kelurahan atau kecamatan. Masyarakat hanya berhubungan dengan KPPS atau PPS saja. Sehingga liburan akhir pekan tidak berpengaruh dalam hal pelayanan terhadap masyarakat yang mempertanyakan hak pilihnya," papar Mappinawang.

Mappinawang mengatakan, perubahan DPT untuk kali terakhir ini akan mengoreksi angka 12.308 yang sebelumnya dilansir KPU. Menurut perkiraan Mappinawang, jumlah DPT setelah perbaikan data terakhir ini, akan mencapai meningkat menjadi 20 ribu pemilih.

Sumber: http://www.tribun-timur.com/view.php?id=52734
(06/11/2007)

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim