SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Selasa, 20 Februari 2007

KPU Makassar Siap Sukseskan Pilkada Gubernur

(16 Feb 2007, 46 x , Komentar)

* Dalam Rapat Evaluasi Program 2006

MAKASSAR--Memasuki pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2007 dan pemilihan Walikota Makassar pada 2008, amanah yang diemban oleh KPU Makassar cukup berat. Olehnya itu dalam mengemban amanah tersebut KPU bersama mitranya, yakni PPK dan PPS membangun kerjasama yang baik guna menyukseskan pilkada gubernur maupun wakil gubernur.
Hal ini ditegaskan Ketua KPU Kota Makassar, H Zulkifli Gani Otto, SH, saat membuka rapat evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan KPU Tahun 2006 dan Penjabaran program kerja tahun 2007, di Hotel Losari Metro, Kamis 15 Februari 2007, kemarin.

Sebagai gambaran kondisi Makassar sekarang ini aroma Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur sudah terasa dimana-mana, dimana spanduk, baliho dan sebagainya telah menghiasi Kota makassar. Dan ini merupakan salah satu tanggungjawab masyarakat termasuk KPU untuk menjaga maraknya pemasangan spanduk-spanduk politik sebelum waktu kampanye tiba.

Atas kondisi ini, sebut Zulkifli telah banyak kalangan yang meminta ketegasan dari KPU Kota Makassar sekaitan maraknya pemasangan spanduk maupun baliho yang kadang cenderung sudah melanggar ketentuan.

Dan karena Makassar ini adalah ibu kota provinsi maka KPU Makassar, mengharapkan dari KPU Provinsi Sulsel agar fasilitas yang diberikan ke KPU Kota Makassar tidak disamakan dengan daerah lainnya di Sul Sel mengingat besarnya jumlah penduduk Kota Makassar, diprakirakan sudah mencapai kurang 1.6 juta dengan jumlah pemilih diperkirakan akan mencapai 1.2 juta.

Sekadar diketahui bahwa anggaran untuk Pilkada Walikota 2008, telah dianggarkan di DPRD Kota Makassar kurang lebih Rp. 14 M dan pada tahun ini sudah dialokasikan sebesar Rp 7,5 M namun disimpan di Bank Sul Sel.

Sementara itu Ketua KPU Prov. Sul Sel Bapak Mappinawang, SH, mengatakan, masa tugas KPU Kota Makassar dimungkinkan akan diperpanjang, mengingat kedepan ini ada tiga agenda yang akan dilaksanakan yaitu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2007, Pilkada Walikota dan Wakil Walikota 2008 serta Pemilu 2009.

Karenanya KPU Provinsi mengimbau KPU Kota Makassar tidak hanya memberikan perhatian pada Pilkada Walikota saja juga akan menyusun program untuk pemilu 2009. Dan khusus untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur 2007, KPU Provinsi sementara ini menggodok beberapa hal termasuk regulasi tentang Pilgub.

"Hal fasilitas yang disampaikan oleh Ketua KPU Kota Makassar untuk tidak disamakan dengan daerah lain akan menjadi pertimbangan KPU Provinsi. Saya telah meminta kepada Sekretaris KPU Prov. Sul Sel untuk menginvetarisir dan meneliti jumlah kebutuhan daerah misalnya logisitk dengan harapan daerah satu dengan daerah lain bisa saling melengkapi, misalnya kota Makassar yang memerlukan banyak logistik namun tidak mencukupi bisa ditutupi atau dipinjamkan dari daerah lain yang tidak memerlukan banyak logistik,"ujar Mappinawang.

Dalam rapat kerja KPU Kota Makassar, tampil pemateri, H Zaijal Abidin, M Yusuf Pani, Drs Sabaruddin, Hj. Andriati Ismail, SH, M.Si dengan pengarah, Pahir Halim, Zulkifli Gani Otto, \andi Syahrir Makkuradde, Maqbul Halim serta Tenri A Palallo, S.Sos.(ull)

Sumber: Harian Fajar

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim