SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Selasa, 03 Juli 2012

Diserang Iklan TV, SYL Ogah Balas

MAKASSAR, CAKRAWALA – Iklan calon Gubernur Sulsel incumbent, Syahrul Yasin Limpo mulai tayang di televisi nasional. Namun iklan tersebut tidak memuat ajakan mendukung dirinya di Pilgub Sulsel 2013 mendatang.

Walaupun kompetitornya Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) telah beberapa kali memasang iklan di beberapa stasiun televisi baik lokal maupun nasional. Namun SYL yang masih akan berpaket dengan Agus Arifin Nu’mang tidak terpengaruh memasang iklan serupa.

Walaupun beberapa iklan IA terkesan menyerang SYL. Iklan mantan Bupati Gowa dua periode ini sendiri memuat dirinya sebagai Gubernur Sulsel dan berupa iklan pariwisata Sulsel. Iklan SYL berupa Visit South Sulawesi 2012 yang merupakan program Pemprov Sulsel dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel.

“Iklan pak gubernur ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan politik. Apalagi mau menyinggung atau menyindir sana sini. Ini murni iklan yang mengeksplorasi potensi Sulsel dan ajakan SYL kepada masyarakat untuk menikmati indahnya pariwisata Sulsel. Ini jauh lebih bermanfaat,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Sulsel, Agus Sumantri, Senin, 2 Juli.

Walau demikian beberapa kalangan menilai iklan tersebut sekaligus dimanfaatkan SYL untuk mengkampanyekan dirinya sebagai cagub. Iklan yang berdurasi 60-90 detik per spot itu sendiri telah tayang di TV One, Global TV dan beberapa televisi swasta lainnya. Materi iklan ini juga dapat dilihat di situs www.youtube.com dengan kata kunci “visit south sulawesi 2012”.

Partai Golkar sendiri menolak jika SYL dikatakan memanfaatkan iklan tersebut untuk kampanye. Juru Bicara Partai Golkar, Maqbul Halim menegaskan bahwa kendati banyak kalangan yang menyebutkan bahwa iklan SYL tersebut adalah soft campaign dalam rangka pilgub, namun mantan anggota KPU Makassar menegaskan jika iklan tersebut murni untuk kepentingan pariwisata di Sulsel.

“Di dalamnya tidak ada menyebutkan bahwa SYL itu kandidat gubernur 2013. Yang ada ajakan SYL agar orang-orang bisa ke Sulsel,” tegas Maqbul. Maqbul juga mengatakan, jika pun itu dikaitkan dengan pilgub, berarti di sinilah kedewasaan SYL. Menurut Maqbul, kendati SYL diserang dengan ragam iklan TV bakal calon tertentu, namun SYL tidak membalasnya.

“Balon kandidat lain di Pilgub Sulsel boleh buat iklan TVC untuk menjelekkan sisi baik Pak Syahrul dan untuk merebut jabatan Gubernur Sulsel. Tim Pak Syahrul tentu tidak membalas, karena iklan mereka itu adalah jati diri mereka sendiri” sindirnya.

Sekadar diketahui, sekitar enam iklan IA yang tayang di televisi nasional dan lokal banyak yang menyindir dan eksistensi SYL secara simbolik. Antara lain iklan “bye-bye masa lalu” dengan latar belakang kapal laut yang diasumsikan sebagai “kapal induk” yang merupakan istilah bagi tim SYL-Agus. Selain itu iklan “stop komandan” yang merupakan plesetan dari tagline SYL “Don’t Stop Komandan”.

“Tapi kita tidak akan menggubrisnya, biarlah masyarakat menilai, mana iklan yang sebenarnya berkualitas dan yang bermanfaat bagi masyarakat Sulsel,” kata Maqbul. (soe)



Sumber : http://cakrawalaberita.com/politik/diserang-iklan-tv-syl-ogah-balas
Akses : Selasa, 03-07-2012
Foto : Giant Palacubang

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim