SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Jumat, 18 November 2011

Maqbul Halim Mengklarifikasi

Tribun Timur - Kamis, 17 November 2011 21:25 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Terkait berita Roem dan Agus Hanya Pengantar Tidur SYL yang dimuat Tribun Timur edisi Rabu (16/11), Maqbul mengeluarkan pernyataan klarifikasinya.

Surat klarifikasi ini diantar oleh Maqbul Halim ke redaksi Tribun Timur, Rabu (16/11). "Terkait berita itu, saya banyak dapat tanggapan lewat ponsel maupun BlackBerry saya. Saya merasa perlu mengeluarkan klarifikasi," katanya.

Berikut ini klarifikasi Maqbul Halim.

Sehubungan dengan artikel Harian Tribun Timur hari ini, edisi Selasa, 16 Nopember 2011 pada halaman ke-3 (halaman Tribun Politik) dengan judul "Roem dan Agus Hanya Pengantar Tidur SYL", saya sampai hal-hal berikut ini sebagai klarifikasi.

1. Artikel berita Harian Tribun Timur edisi cetak Rabu, 16 Nopember 2011 pada halaman 3 (halaman Tribun Politik) dengan judul: "Roem dan Ahus Hanya Pengantar Tidur SYL" tersebut, memutuskan menjadikan pernyataan pada status Facebook milik saya pribadi (maqbulhalim) sebagai referensi utama berita tersebut. Saya berpikir dan menganggap bahwa berita tersebut keliru karena mengalami pembiasan atau pergeseran dari materi yang sebenarnya dari pernyataan status tersebut.

2. Kalimat pada status facebook saya (maqbulhalim) yang diposting Selasa, 15 Nopember 2011 pukul 14.30 wita menyebutkan "Ada 2 Wija To Luwu: Andi Hatta Marakarma dan Lutfhfi A Mutty yang layak dampingi SYL dan IAS pada Pilgub Sulsel 2013. Selain dari 2 orang itu, yg lainnya cuma cerita pengantar tidur saat bangun padi di Planet Jupiter." Dengan demikian, tidak ada kalimat lain dari status itu yang bersifat menjelaskan atau memperluas dari isi atau makna dari status tersebut.

3. Perihal penyebutan nama Roem dan Agus pada judul berita, yang kemudian oleh berita tersebut menganggap kedua orang ini sebagai hanya pengantar tidur SYL, adalah BUKAN pernyataan dari saya; entah itu berdasarkan status facebook saya, maupun juga bukan dari penjelasan lisan atau tertulis yang pernah ada. Oleh karena itu, saya menyatakan tidak bertanggung jawab atas pencantuman nama Roem dan Agus pada berita tersebut, melainkan tanggung jawab pembuat berita itu sendiri.

4. Juga, kalimat pada berita tersebut, yakni pada paragraf ke-3 yang menyebutkan: "Namun menurut Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Maqbul Halim, dari empat nama itu (Agus Arifin Nu'mang, Moh. Roem, Ashabul Kahfi, dan Andi Muallim --kalimat paragraf sebelumnya: paragraf ke-2), belum ada figur ideal yang bisa menambah suara bagi Syahrul.", adalah juga merupakan BUKAN ucapan saya, entah itu berdasarkan status atau penjelasan status facebook saya, maupun juga bukan dari penjelasan lisan maupun tertulis dari saya. Sebutan yang menganggap Agus Arifin Nu'mang, Moh. Roem, Ashabul Kahfi, dan Andi Muallim tidak menambah suara bagi Syahrul adalah ucapan dan sekaligus menjadi tanggung jawab penulis berita itu sendiri.

5. Demikian klarifikasi saya terhadap berita tersebut. Saya bermohon klarifiksi ini diberitakan pada edisi berikutnya, yaitu edisi Kamis 17 Nopember 2011, agar dapat meluruskan hal-hal yang saya anggap mengalami pembiasaan pada berita tersebut. Semoga berita klarifikasi ini nantinya juga makin membuktikan Tribun Timur sebagai koran Nomor Wahid.

Hormat Saya

Maqbul Halim

Sumber:
http://makassar.tribunnews.com/2011/11/17/maqbul-halim-mengklarifikasi
Akses tanggal 18 Nopember 2011

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim