SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Selasa, 14 Oktober 2008

Kampanye Dimulai Hari Ini

Minggu, 12-10-2008
Makassar, Tribun - Masa kampanye pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, resmi dimulai Minggu (12/9) pagi ini, dengan pemaparan visi-misi tujuh pasangan calon di DPRD Makassar. Kampanye akan berlangsung dua pekan, dan ditutup dengan debat tujuh kandidat di Hotel Clarion Makassar, Sabtu (25/10) mendatang.

Tadi malam, kendati waktu belum menunjukkan pukul 00.00 wita, batas dimulainya pemasangan resmi alat peraga dan atribut kampanye, tim pemenangan calon sudah mulai menyebar atribut.

Sejumlah tim pendukung beberapa kandidat telah memasang atribut kampanyenya di kota ini. Padahal aturannya nanti Minggu (12/10) dini hari setelah pukul 00.00 wita baru dibolehkan memasang atribut kampanye di kota ini.

Bahkan dari pantauan Tribun siang kemarin, sejumlah pasangan calon dari dukungan parpol, bahkan mulai mengkavling lokasi dan titik strategis di sejumlah sudut kota, sepeti Jl AP Pettarani, Jl Urip Sumoharjo, Jl Sultan Alauddin, dan sebagian besar di persimpangan jalan.

Ketua KPU Kota Makassar Zulkifli Gani Ottoh dan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Wali Kota Makassar, Ali Hanafi, berharap para kontestan dan timnya, untuk tetap menjaga tahapan strategis ini agar tak terjadi konfik.

Pemaparan visi-misi serta program tujuh pasangan calon wali kota Makassar periode 2009-2014 ini akan berlangsung dalam Sidang Paripurna Khusus DPRD Kota Makassar, mulai pukul 10.00 Wita.

Sidang akan dihadiri Wali Kota Makassar Andi Herry Iskandar dan para musipda.
Pasangan nomor urut satu, Ilham Arief Siradjuddin-Supomo Guntur (IASmo) akan memulai pemaparan ini denganm diberi waktu maksimal lima menit. Dilanjutkan calon nomor urut dua, Idris Manggabarani-Adil Patu (idial), lalu Halim Abdul Razak-Jafar Sodding, kemudian pasangan nomor empat Ridwan Syahputra Musagani-Irwan Paturusi (RI), selanjutnya nomor urut lima Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (Pasmi), dilanjutkan Iriantosyah Kasim-Razak Djalle (berIKRAR) , dan diakhiri pasangan nomor urut tujuh, Ilham Aliem Bachrie-Herman Handoko (Idola).

Ridwan dan Irwan melakukan pertemuan khusus untuk membahas persiapan teknis penyampaian visi dan misinya di ruang paripurna DPRD Makassar. Namun, Ridwan tidak menyebut lokasinya untuk menjaga sterilnya pertemuan mereka.

"Kami akan duduk bersama membahas teknis penyampaian visi dan misi itu malam ini," katanya per telepon.

Rahman Pina, tim media IASmo, mengatakan, sejak Kamis (10/10) lalu, Ilham dan Supomo sudah melakukan gladi resik untuk persiapan pemaparan visi-misi, untuk menyesuaikan dengan waktu yang dialokasikan KPU.

Hal serupa dilakukan pasangan Idris Manggabarani-Adil Patu. Mereka seharian mempersiapkan pemaparan visi-misi bersama timnya.

Pasangan Halim-Jafar sehari menjelang pemaparan visi-misi di DPRD Kota Makasar, juga belajar khusus bagaimana menggunakan slide projector untuk presentase mereka di depan sidang paripurna DPRD Makassar, hari ini.

Dalam presentasi makalah berjudul Menuju Kota Makassar Berkualitas dan Bermartabat itu akan merangkum delapan program Mantap Mentong.

Firmansyah menegaskan, juga tidak mengalokasikan waktu khusus untuk persiapan pemaparan visi-misi. Namun pihaknya tidak akan mengecewakan pendukungnya dan siap memperjuangkan aspirasi mereka jika terpilih kelak.

Sebab, menurutnya ekonomi kerakyatan yang selama ini didengungkan, masih belum merakyat.

Firmansyah juga menjanjikan melakukan pendataan orang-orang miskin dan menganggarkan dana besar setiap tahun untuk unit usaha bagi warga yang kurang mampu.

Sementara, Iriantosyah Kasim-Razak Djalle (berIKRAR), mengunjungi sejumlah tempat di Kota Daeng untuk sosialisasi menjelang kampanye resmi, Sabtu (11/10).

Salah satu program unggulan pasangan ini yang akan disampaikan di visi-misi pagi ini adalah, memberdayakan pengusaha lokal dan kecil.

Herman Handoko, mengatakan tidak mengalokasikan waktu khusus untuk visi-misi. "Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk visi-misi di DPRD. Tapi kami ingin semuanya berjalan lancar tanpa kendala," kata Herman.

Materi rapat juga membahas persiapan kampanye putaran pertama yang berlangsung 13-19 Oktober.

Idola mendapat giliran pertama menggelar kampanye terbuka. Tim Idola merampungkan nama-nama jurkam dan disetor ke KPU, Panwas, dan Polwiltabes Makassar. Namun pasangan ini enggan merinci siapa-siapa jurkamnya. "Nama-nama jurkam bagian dari kejutan yang kami siapkan," ujar Ilham.

Idola berangkat ke DPRD Makassar pukul 08.00 pagi ini dan bergabung dengan enam kandidat lainnya. Masing-masing kandidat akan mendapat alokasi waktu 15 menit menyampaikan visi dan misinya. "Tidak ada latihan khusus untuk visi-misi," ujar Herman.

Di tempat terpisah, anggota KPU Makassar Maqbul Halim mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segalanya untuk acara itu. Pihak DPRD Makassar telah menyebarkan undangan. "Masing-masing kandidat diberikan waktu sekitar 15 menit untuk menyampaikan visi dan misisnya," katanya.

Tidak ada tahapan untuk memberikan tanggapan atau pun pertanyaan pada acara ini. Masyarakat hanya diminta mendengarkannya.

Sebelumnya, tujuh pasang calon menandantangani perjanjian itu di Hotel Singgasana, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (10/10). Untuk menunjang pilkada damai, polwil Makassar menggelar apel siaga di lapangan Karebosi, Makassar.

Sumber: Harian Tribun Timur Edisi 12 Oktober 2008
http://www.tribun-timur.com/view.php?id=101135
Tanggal Akses: 14 Oktober 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim