SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Rabu, 13 Agustus 2008

7 Kontestan, KPU Makassar Siap Dua Putaran

Selasa, 12-08-2008
Hari Ini Pleno Penentuan Kandidat

Makassar, Tribun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Selasa (12/7) hari ini, akan menetapkan tujuh pasangan calon yang bertarung pada Pemilihan Umum (Pemilu) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Pleno Penetapan Kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di kantor KPU Kota Makassar, Jl Toddopuli Raya Timur, Panakkukang.

Rapat juga membahas persiapan tahapan selanjutrnya, termasuk mengtantisipasi pemilihan dua putaran.

Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran KPU Kota Makassar, Pahir Halim, Senin (11/8), mengatakan, KPU menggelar rapat pleno sesuai jadwal yang ditetapkan KPU yaitu tanggal 12 sampai 13 Agustus.

"Seluruh berkas pencalonan dari masing-masing kandidat sudah lengkap dan siap dilakukan penetapan," kata Pahir.

Ketua pokja verfikasi calon wali kota, Maqbul Halim, sebelumnya, mengungkap meski KPU sudah menyiapkan skenario dan agenda dua putaran Pemilu Makassar, namun dari kesiapan pendanaan, KPU baru siap satu putaran.

Anggaran tersebut, disusun berdasarkan asumi sebelum adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Mei lalu.

"Itu pun anggarannya hanya untuk enam pasang calon, bukan tujuh," katanya.

Nomor Urut
Setelah pleno penetapan ini, Kamis (14/8) lusa, KPU akan melakukan pengundian dan penentuan nomor urut calon.

Ketujuh pasang kandidat yang berhak mengikuti pengundian ini adalah empat kandidat yang diusung partai politik dan tiga maju dari jalur perseorangan atau independen.

Ketujuh kandidat tersebut adalah Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) yang diusung lima parpol (Golkar, PDIP, PBB, PDS, dan PBR), Idris Manggabarani-Adil Patu (idial) diusung Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK).

Pasangan lainnya, Halim Razak-Jafar Sodding diusung oleh lima parpol, yaitu PKS, PNBK, PNI Marhaenisme, Partai Merdeka, dan Partai Sarikat Indonesia (PSI).

Satu pasangan lainnya yang diusung parpol adalah Ridwan Musagani dan Irwan Paturusi (RI) yang diusung PPP dan PAN.

Tiga kandidat dari jalur perseorangan adalah Iriantosyah Kasim-Razak Djalle Berikrar), Ilham Alim Bachri-Herman Handoko (Idola), dan Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (FASmi).

Kandidat yang paling terakhir menyetor berkasnya ke KPU adalah Ilham yang menyetor surat penghentian dirinya dari jabatan wali kota dari menteri dalam negeri (mendagri) yang diserahkan pada Sabtu pekan lalu.

"Mungkin kita akan melakukan rapat pleno pukul 14.00 wita. Setelah itu kita akan menggelar acar pengundian nomor urut pada tanggal 14 atau 15 Agustus mendatang," jelas Pahir.

Sumber: Harian Tribun Timur Edisi 12 Agustus 2008
http://www.tribun-timur.com/view.php?id=91995&jenis=Front
Akses Tanggal 13 Agustus 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim