SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Kamis, 10 Juli 2008

Pasangan Idris-Adil Resmi Daftar di KPU

Kamis, 10 Juli 2008
Press Release

KPU Makassar – Pasangan Idris Manggabarani dan Adil Patu telah resmi mendaftar di KPU Kota Makassar sebagai Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Kamis siang (10/7). Idris-Adil diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Kebangsaan. Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota yang mengkampanyekan duetnya dengan sebutan IDIAL itu, tiba dikantor KPU pukul 11.05 Wita dengan diiringi dua ribuan pendukungnya.

Pendaftaran Idial diterima lengkap oleh seluruh anggota KPU Kota Makassar, Sekretaris dan staf sekretariat KPU lainnya. Ke-14 ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) juga hadir mendapingi anggota KPU Kota Makassar. Prosesi pendaftaran dipimpin ketua KPU Kota Makassar H. Zulkifli Ottoh, SH. Penjelasan secara teknis dokumen persyaratan dan dokumen dukungan disampaikan oleh Pahir Halim, SH selaku ketua Pokja Pendaftaran calon.

Setelah menerima berkas dokumen pendaftaran, Pahir dan tim tekhnis KPU langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas dengan disaksikan langsung pasangan Idris-Adil dan pendukungnya.

Dari hasil verifikasi, bakal calon yang diusung koalisi Partai Demokrat (PD) dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dinyatakan telah memenuhi syarat minimal 15 persen perolehan kursi Pemilu Legislatif 2004. Partai Demokrat mengontrol 4 kursi atau sebesar 8,89 persen dan PDK sebanyak 5 kursi (11,11%). Dengan demikian, akumulasi perolehan kkursi di DPRD Kota Makassar untuk kedua partai pengusung ini adalah sebanyak 9 kursi atau sebesar 20 persen kursi.

"Dengan akumulasi perolehan kursi dua parpol pengusung Idris-Adil sebesar 20 persen, maka rapat penerimaan pendaftaran KPU Kota Makassar menetapkan bahwa pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat minimal," kata ketua Pokja Pendaftaran, Pahir Halim.

Untuk persyaratan subjektif berupa dokumen atau syarat administratif pendaftaran yang masih harus dipenuhi pasangan ini adalah satu pas foto warna khusus bagi Idris, hasil pemeriksaan kesehatan dan dokumen Laporan Daftar Kekayaan.

"Untuk pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan pada 17 sampai 19 Juli," kata ketua KPU Zulkifli. Sedangkan untuk laporan daftar kekayaan, dia mengharapkan Idris Adil dapat melengkapi secepatnya. "Cukup dengan tanda terima laporan daftar kekayaan oleh KPK," lanjutnya.

Idial tercatat sebagai pendaftar kedua yang resmi dinyatakan terdaftar di KPU sebagai bakal calon walikota dan wakil walikota Makassar. Sebelumnya, pasangan Halim-Ja’far yang diusung kolisi PKS, Partai Merdeka, PNBK, PSI dan PNI-Maehaenisme, mendaftar Ahad lalu. Sementara tiga pasangan bakal calon dari jalur perseorang yang sempat mendaftar lebih awal, berkasnya dikembalikan karena tidak memenuhi syarat minimal dukungan tiga persen. Menurut rencana, ketiganya akan kembali mendaftar pada Sabtu, 12 Juli.[]

Media Centre
KPU Kota Makassar

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim