SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Rabu, 14 Mei 2008

KPU: Jegger Harus Kumpulkan 1.250 KTP Sehari

Rabu, 14-05-2008
CALON perseorangan (independen) di Pilkada Makassar harus bekerja ekstra. Itu karena masa pengumpulan berkas sudah semakin dekat. Calon independen harus mengumpulkan berkas 21 hari sebelum masa pendaftaran dimulai pada 6 Juli 2008.
Tanggal 21 hari sebelum 6 Juli adalah tanggal 15 Juni. Artinya calon sudah harus mengumpulkan berkas paling lambat 15 Juni. KPU Makassar sengaja menetapkan batas akhir 21 hari sebelum masa pendaftaran dimulai agar semua berkas yang dimasukkan bisa verifikasi.

Tujuh hari akan digunakan KPU melalui PPS untuk memverifikasi KTP yang dilampirkan calon independen sebagai bukti dukungan. Tujuh hari sisanya akan digunakan PPK untuk mengumpulkan hasil verifikasi dari kelurahan ke KPU Makassar.
"Bila dihitung-hitung mulai besok (hari ini, Rabu 14/5), waktu yang tersisa bagi calon Jegger hanya 32 hari. Itu jika masa pengumpulan berkas berakhir pada 15 Juni," kata anggota KPU Makassar, Maqbul Halim, Selasa (13/5).
Jegger adalah salah satu bakal calon wali kota dari pintu independen. Melalui baliho dan spandukunya yang ditebar di jalan, M Jegger memproklamirkan diri untuk maju melalui jalur non parpol.
Calon perseorangan di Makassar harus mengumpulkan dukungan yang dibuktikan dengan salinan KTP sekitar 39,9 ribu atau dibulatkan menjadi 40 ribu. Itu sudah termasuk KTP cadangan jika sekiranya ada kesalahan.
Jika 40 ribu KTP dibagi dengan hari yang tersisa sekitar 32 hari, itu artinya satu orang calon harus mengumpulkan 1.250 KTP sehari untuk memperebutkan suara 934.515 pemilih di Makassar. "Ini akan sangat memberatkan bagi calon independen jika mereka baru akan kerja mulai sekarang," tambahnya.
Ia menjelaskan, calon perseorangan tidak perlu mempersiapkan ribuan materai seperti yang ramai diperbincangkan. Calon cukup mempersiapkan beberapa buat materai yang akan direkatkan di akhir bundel lampiran. Satu bundel lampiran dukungan bisa ribuan KTP.

Sumber: Tribun Timur edisi 14 Mei 2008
http://www.tribun-timur.com/view.php?id=77258&jenis=Politik
Tanggal 14 Mei 2008

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim