SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Senin, 30 Juli 2007

Cek Nama Terdaftar, Bisa Lewat SMS

28 July 2007 - 09:07:17
MAKASSAR -- Amburadulnya data pemilih yang diserahkan pemprov ke KPU Sulsel ternyata mengundang keprihatinan banyak pihak. Terutama dari kalangan LSM dan kampus.Terbukti, kalangan LSM dan kampus dengan sukarela menggabungkan diri dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pilkada Sulsel Damai dan Demokratis (Konspirasi). Tujuan mereka bergabung untuk membantu KPU dalam menyosialisasikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke masyarakat.


"Pengalaman selama ini, masyarakat enggan mendatangi PPS untuk mengecek namanya terdaftar atau tidak sebagai pemilih," ungkap juru bicara Konspirasi, Andi Ahmad Yani dalam keterangan persnya di Kafe Biru, Jumat 27 Juli sore.

Untuk itu, kata dia, Konspirasi hadir untuk mem-back up KPU dan memudahkan masyarakat. Sebab, bagi masyarakat yang tidak mau repot-repot datang ke PPS untuk melihat namanya, cukup mengirim SMS, menelepon, atau lewat email.

"Semangat KPU Sulsel yang rela melanggar undang-undang asal daftar pemilih akurat harus direspons," katanya.

Sekadar diketahui, KPU Sulsel memang memutuskan memperpanjang masa pengumuman DPS dan pendaftaran pemilih tambahan. Hal itu terpaksa dilakukan KPU guna menyiasati amburadulnya DP4 dari pemprov.

"Oleh karena itu, kami bersedia membantu KPU. Termasuk mengimbau masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih," kata Ahmad Yani.

Sehubungan dengan itu, lanjutnya, Konspirasi sudah membuat Gardu Informasi Pengecekan (GIP DPS). Antara lain di Jl Ketapang No 50, Jl Sunu Kompleks Unhas Blok D No 18, Jl AP Pettarani III No 99, dan beberapa lainnya.

"Tapi untuk lebih mudahnya, cukup SMS, telepon, atau email," katanya.

Untuk telepon, ada lima nomor yang bisa dihubungi, yakni 0411-420581, 0411-5038613, 0411-432714, 0411-8213920, dan 0411-550904. Adapun nomor untuk SMS adalah 0411-5049499. Caranya, ketik cek spasi nama spasi umur spasi kelurahan spasi kecamatan. Kalau mau email, kirim ke email konspirasi di cekdps@yahoo.com. Untuk email, tulis subject: cek dps dengan content: nama, umur, kelurahan, kecamatan.

Di setiap gardu, katanya, sudah disiapkan CD DP4 dari KPU Sulsel. Oleh karena itu, bagi siapa yang mengecek, tinggal disearching di komputer. Kalau memang ada dan terdaftar, tentu akan ketahuan.

Apakah pengecekan ini bisa juga untuk daerah lain? Ahmad Yani yang didampingi anggota dari Koalisi dan anggota KPU Makassar yang membidangi data pemilih, Maqbul Halim mengatakan, untuk sementara, layanan ini baru untuk Kota Makassar.

"Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan untuk daerah lain, kalau ada teman-teman yang mau bergabung. Sebab, organisasi ini tidak eksklusif," katanya.

Modalnya, kata Ahmad Yani, cukup dengan memiliki komputer dan line telepon yang bisa dihubungi. Dan satu lagi, katanya, siap bekerja sukarela. Sebab, kegiatan ini tidak ada dananya, tidak ada founding. Murni untuk membantu masyarakat dan KPU dalam mewujudkan pilkada damai, sukses, aman, dan demokratis dengan menyiapkan data pemilih yang akurat.
"Soal CD data pemilih, KPU tentu bisa menyiapkan," tandasnya. (har)

Sumber: KPU Sulsel (last access: 10/31/2007)

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim